Reading List tentang Laboratory Services

Defi Monicha, Balai Laboratorium Kesehatan DIY
Dinas Kesehatan Pemda DIY



Health Policy
Jurnal-jurnal ini menceritakan tentang berbagai macam kebijakan yang dapat diambil oleh kepala puskesmas, dalam mengelola laboratorium untuk mencapai kepuasan pelanggan. Laboratorium sebagai salah satu bagian dari puskesmas dalam health system,berperan penting untuk menegakkan diagnose penyakit atau kejadian luar biasa.
·        Dahrouge S, Hogg W, Ward N, et al. Delivery of primary health care to persons who are socio-economically disadvantaged: does the organizational delivery model matter? BMC Health Serv Res. 2013;13(1):517.
·    Desai M, Rudge JW, Adisasmito W, Mounier-jack S, Coker R. Critical interactions between Global Fund-supported programmes and health systems : a case study in Indonesia. 2010. doi:10.1093/heapol/czq05  
·       Wei, X., Li, H., Yang, N., Wong, S. Y. S., Owolabi, O., Xu, J., … Griffiths, S. M. (2015). Comparing Quality of Public Primary Care between Hong Kong and Shanghai Using Validated Patient Assessment Tools. Plos One, 10(3), e0121269.

Efektifitas-Efesiensi-Sustaibilitas in Laboratory
Dalam jurnal ini, Kepala puskesmas dapat melakukan berbagai macam cara untuk efektifitas, efisiensi dan sustainabilitas yang akan diterapkan di puskesmas dengan berbagai masalah yang mungkin timbul di tempat kerja. Laboratorium puskesmas dengan jumlah SDM yang sedikit, alat kesehatan yang mahal, dan sedikitnya ruang yang tersedia, membutuhkan kepala puskesmas yang mampu untuk mempertahankan motivasi karyawan dan retensinya.
·       Hallworth  MJ,   Epner PL, Ebert   C, et al. Current  Evidence and Future Perspectives on the Effective Practice of Patient-Centered Laboratory Medicine. Clin Chem. 2015;61(4):589-599
·         Chahal H, Kumari N. Evaluating customer relationship dynamics in healthcare sector through indoor patients' judgement. Manag Res Rev. 2011;34(6):626-648.
·     Wangkahat K. Public health laboratory quality management in a developing country. Int J Health Care Qual Assur. 2010;25(2):pp 150-160.
·     Ntshambiwa K, Ntabe-Jagwer W, Kefilwe C, Samuel F, Moyo S. Translating a National Laboratory Strategic Plan into action through SLMTA in a district hospital laboratory in Botswana. Afr J Lab Med. 2014;3(2):1-5.
·   Hickner J, Thompson PJ, Wilkinson T, et al. Primary Care Physicians' Challenges in Ordering Clinical Laboratory Tests and Interpreting Results. J Am Board Fam Med. 014;27(2):268-274.

Diagnostic in Laboratory
Jurnal ini membahas tentang keuntungan dan keterbatasan yang dilakukan laboratorium dalam menegakkan diagnosis, dan kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi jika terjadi. Baik pada waktu sebelum pemeriksaan, pada waktu pemeriksaan, maupun setelah pemeriksaan.
·   Hoffmann G, Aufenanger J, Födinger M, et al. Benefits and limitations of laboratory diagnostic pathways. Diagnosis. 2014;1(4):269-276.
·    Helene-Kraft JJ St. A NON-PUNITIVE APPROACH TO REPORTING LABORATORY ERRORS. 2013.
Akreditasi Laboratorium dan Quality improvement
Jurnal ini membahas berbagai macam akreditasi yang dilakukan oleh manajemen laboratorium untuk menjamin ketelitian dan ketepatan hasil pemeriksaan laboratorium, sehingga pertanggungjawaban terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.
·         Mothabeng D, Maruta T, Lebina M, Lewis K, Wanyoike J, Mengstu Y. Strengthening Laboratory Management Towards Accreditation: The Lesotho experience. Afr J Lab Med. 2011;1(1):1-7.
·   Andiric LR, Massambu CG. One laboratory's progress toward accreditation in Tanzania. Afr J Lab Med. 2014;3(2):2-5.
·     Bowman GM. ENSURING GOOD QUALITY PRACTICES IN AN UNREGULATED SERVICE LABORATORY ENVIRONMENT UTILIZING ISO 26000. 2011.
·      Mokobela   KO, Moatshe   MT, Modukanele M. Accelerating the spread of laboratory quality improvement efforts in Botswana. Afr J Lab Med. 2014;3(2):1-6.
·   Hiwotu TM, Ayana G, Mulugeta A, et al. Laboratory system strengthening and quality improvement in Ethiopia. Afr J Lab Med. 2014;3(2):1-6.
·         Masamha J, Skaggs B, Pinto I, et al. Working toward a sustainable laboratory quality improvement programme through country ownership: Mozambique's SLMTA story. Afr J Lab Med. 2014;3(2):1-6.
·         Heywood P, Harahap NP. Australia and New Zealand Health Health facilities at the district level in Indonesia. 2009;11:1-11.  
·   Wadhwa V, Rai S, Thukral T, Chopra M. Laboratory quality management system : Road to accreditation and beyond. Indian J Med Microbiol. 2012;30(2):131-140.
Patient's satisfaction  in health system
Target kepuasan pelanggan sudah merupakan kewajiban bagi kepala puskesmas untuk dapat dipenuhi. Harapan akan kualitas pelayanan yang baik, dapat dilihat dari kepuasan pelanggan puskesmas. Kepuasan pelanggan mencermati bahwa, untuk mencapainya, tidak hanya berada di laboratorium puskesmas. Tingkat kepuasan pelanggan itu akan terpenuhi jika pelanggan mendapat pelayanan yang memuaskan dari mulai datang sampai akhir pelayanan (Pemantapan Mutu). Kepuasan pelanggan dirasakan oleh pelanggan ketika berada di suatu fasilitas kesehatan bukan hanya di satu bagian fasilitas kesehatan.
·    Raftopoulos V. Assessment of users ' expectations , perceived quality and satisfaction with primary care in Greece. Int J. 2010;3(3):110-121.
·         Aldana J, Piechulek H, & Al-Sabir A. (2001). Client satisfaction and quality of health care in rural Bangladesh. Bulletin of the World Health Organization 79:512–517.
·     Anderson R.T, Barbara A.M, Weisman C, Scholle S.H, Binko J, Schneider R, Freund K, Gwinner V. A (2001). Qualitative Analysis of Women's Satisfaction with Primary Care from a Panel of Focus Groups in the National Centers of Excellence in Women's Health.Journal of Women's Health & Gender-based Medicine 10(7):637-647.
·    Gadallah M, Zaki B, Rady M, Anwer W, Sallam I. (2003). User satisfaction with primary health care services in two districts in Lower and Upper Egypt. Eastern Mediterranean Health Journal  9(3):422-430.
·       Groenewegen P, Kerssens J, Sixma H, van der Eijk I, BoermaW. (2005). What is important in evaluating health care quality? An international comparison of user views. BMC Health Services Research 5:16
·     Jung H. P, Wensing M, Olesen F. Grol R. (2002). Comparison of patients' and general practitioners' evaluations of general practice care. Qual. Saf. Health Care 11:315-319.
·   Margolis S, Al-Marzouqi, S, Revel T, Reed R. (2003). Patient satisfaction with primary health care services in the United Arab Emirates. International Journal for Quality in Health Care. 15(3): 241-9. 


No comments: